My Tutor Friends….

Mungkin kayanya kecepatan ya?? Kampus gw mank rada cepet sih belajarnya..bukan semester pendek lho..tapi mank ‘agak’ lebih cepet aja dari kampus-kamis kebanyakan. Nah denger-denger tanggal 8 Desember nanti kampus gw dah mulai UAS. UAS semester 3, jadinya bulan januari 2009 ntar gw dah jadi ank semester 4 deh…yah mungkin ada kampus yang sama sistemnya ma kampus gw, tapi pasti ngga banyak. Ya ga c??😕
Nah, berhubung dah deket ujian, gw mo ngasih beberapa tips nih buat temen-temen…kali aja berguna..😉

1. Belajar Kelompok
Belajar kelompok bikin kegiatan belajar jadi lebih asik, karena kita ditemenin sama temen jadi bisa lebih santai. Tapi lebih enak lagi kalau temen yang kita ajak belajar kelompok ada yang bisa kita jadiin tutor. Jadi tutor sebaya gitu.
2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
Bikin catatan kecil yang bisa di bawa kemana-mana, kalau kamu mau tulis di handset kamu juga ngga apa-apa. Catetan terserah bentuknya apa, yang penting gampang kamu inget dan faham, bodo amat orang lain ngerti apa ngga (kalo gw c…🙂 )
3. Membuat Perencanaan Yang Baik
Sebuah perencanaan sangat menentikan kesuksesan. Buatlah target, jangan pasang target jadi no.1 kalau kamu masih diluar 10 besar. Buat rencana belajar yang di prioritaskan pada pelajaran yang lemah.
4. Disiplin Dalam Belajar
Buat jam belajar, dan jalanin dengan disiplin. Kalau kamu emang orang yang suka main, kalo BT boleh ko diselingin game tapi jangan lupa pasang alarm buat ngingetin itu adalah jam belajar kamu.
5. Jangan berlebihan
Kalau waktu ujian udah deket biasanya kita jadi keder bin panik. Nah kalau udah kaya gitu biasanya kita jadi begadang baca-baca materi yang ngga tau nyangkut apa numpang lewat doang, atau malah buat contekan? Nah, hindari SKS (Sistem Kebut Semalam atau Sejam?) karena ini sangat amat ngga bagus buat konsentrasi kita pas di kelas.
6. Mencontek
Sebisa mungkin hindari mencontek. Sampai kapan coba kita mau ngarepin bantuan orang?? Lagian apa ngga kasian sama temen kita yang udah cape-cape belajar, terus kamu dengan seenaknya nanya-nanya?? mending kalo dikit, kalo ngga tau diri??? plis deeeeeeeh #:-S .

Gw punya cerita tentang belajar kelompok. Dulu anak angkatan gw pernah bikin kegiatan kaya gini (tutor sebaya -red), tiap fakultas bikin program belajar kelompok sendiri, terserah kaya apa yang penting kita ngerasa PW n efektif. Nah fakultas gw, dengan jumlah anggota yang kebanyakan kalo cuma di jadiin 1 kelompok belajar…ahirnya kita pecah jadi 8 kelompok (kalo ngga salah inget). Tiap kelompok beranggotakan 7-8 orang. 2 orang sebagai tutor n sisanya anggota. Tutornya ini dipilih oleh kita-kita juga, dari anak kelas yang ‘lumayan’ (ngga tau apanya), jadi total tutornya sendiri ada 16 orang.

Rada susah juga waktu mo nentuin kelompok. Coz anggota harus dikumpulin yang kira-kira kalo di kumpulin dalam 1 kelompok ngga bakal becanda, berantem, pokonya efektif deh. Kegiatan ini murni inisiatif kita, ngga ada campur tangan dosen apalagi senior. Terus, lancar ngga c?? yaaaaah emang ngga gampang sih njalanin kegiatan mulia, apalagi kelompok..selalu ada hambatan (jaaaaaaah…:-) ). Kita tabrakan sama yang namanya ‘kegiatan lain’. Sebagian besar tutor pada sibuk jadinya ngga bisa mimpin kelompok lagi. “Boro-boro jadi tutor belajar kelompok yang diluar jam kuliah, buat kuliah aja wg dah cape bgt”, gitu kata mereka. Yah masa sih kita mo maksa?? Akhirnya kegiatan itu cuma jalan sebentaaaaaaar banget. Padahal menurut beberapa temen gw, efek Tutor sebaya ini bagus lho…nilainya naik. Yah gw sih cuma bisa bersyukur kalo efeknya bagus, n berharap kegiatan ini ada kelanjutannya.

Oke deh, segini dulu yah postingan kali ini…moga ada gunanya. CU next post.

-ria-

One Response to “My Tutor Friends….”

  1. Iye2 bener2 stuju hidup kerja kelompok selaen kite blajar kan bg yang msh jomblo bs bt ngeceng n pdkt juga ma lawanjenisnya hee..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: