Dahsyatnya efek senyummu!!!

Mungkin kita ngga sadar kalau kebahagiaan kita dipengaruhi tidak hanya oleh orang-orang yang kita kenal, tetapi juga oleh kenalannya orang yang kita kenal. Simpelnya temennya temen kita.

Suatu penelitian baru dari Harvard Medical School dan Universitas California, San Diego menemukan kalo kebahagiaan menyebar melalui jaringan-jaringan sosial, sama kaya’ virus. Artinya kebahagiaan kita dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang yang belum pernah kita temui sebelumnya.

Nah, ternyata emang efek senyum kita dahsyat juga ya?? kalo kebahagiaan aja punya efek, gimana sama kesedihan??apa ‘dia’ punya efek yang sama?

Ternyata sebagaimana kebahagiaan, kesedihan juga nyebar. Cuma dengan cara yang ‘ngga lebih’ efisien. Nah kalo udah kaya’ gini, bisa jadi kebahagiaan n kesedihan cuma ‘variable’. Misalnya aja kesedihan kita ganti jadi ngerokok. Ngerokok adalah kebiasaan BURUK yang gampang banget nyebar. Kalo temen ngumpul kamu adalah perokok, lama kelamaan kamu pasti jadi ikut ngerokok. Eniwei, jangan gara-gara artikel ini kamu jadi pilih-pilih temen lho…Karena pada dasarnya “nambah temen = nambah kebahagiaan”. Jadi temen adalah kebahagiaan. Makin rame makin asik.

Yang harus kita lakukan adalah memikirkan kebahagiaan sebagai “fenomena global”. Jangan cuma yang jelek-jelek aja yang global. Pemanasan global, krisis global, kita juga harus bikin kebahagiaan global. Jadi kita harus selalu🙂 sama orang-orang, karena kalo kita ketemu orang dengan mood yang ngga bagus, kita bukan cuma kehilangan kesempatan buat bikin temen-temen kita hepi tapi jg temennya temen kita.

Tapi mungkin diantara kalian masih ada yang nganggep remeh penemuan ini, apalagi yang udah biasa ramah…pasti kalian mikir ‘ah…ntu sih kerjaan gw sehari-hari’😉 . Kalian pasti ngga nyangka efek senyum kalian begitu dahsyat!!! beuuuuuuuh……. Padahal ya dari segi perspektif kebijakan publik, penemuan ini berarti mendorong kita untuk mempertimbangkan dampak sosial terhadap kebahagiaan.

Beberapa tahun belakangan ini banyak banget peristiwa radikal. Ya perang, demo, tawuran, senioritas, dll. Penyebabnya macem-macem pastinya, tapi penyebab utama dari semua kejadian-kejadian kaya gitu ya ngga jauh-jauh dari pola pikir orang-orang yeng terlibat di dalemnya. Kesulitan ekonomi bisa jadi pemicu utama yang bikin orang-orang terlalu banyak nyerap energi negatif. Belum lagi polusi, macet, dan hal-hal yang keliatan kecil lainnya yang kadang bikin orang selalu mikir negatif n jadi susah senyum. Makanya di kampus gw orangnya pada murah senyum, karena ngga ada polusi and macet……..(betul ngga??betuuuuul……..;-)).

Nah, tanpa kita sadari kita udah berbagi kebahagiaan kan?? karena sebenernya efek kebagiaan kita itu 15% dirasain juga sama orang terdekat pertama, 10% oleh orang terdekat kedua, dan orang dekat ketiga yaitu teman dari temannya teman kita merasakan 6% efek kebahagiaan kita. Begitu juga kebalikannya.

Wah….Ternyata ngga susah ya buat bikin orang lain bahagia??? Sudah enak, gratis lagi!!!😀
Makanya jangan bosen-bosen senyum ya…ternyata senyum kamu bisa ngebantu perdamaian dunia!!! Apalagi kalo ada orang yang ngerasain efek senyum kamu ampe 100% !!! so hepiiiiiii…….

 
oc deh ‘ve to go ni, CU next post.

 

 

keep smiley

 

-ria-

4 Responses to “Dahsyatnya efek senyummu!!!”

  1. Aduh ria emang senyuman gw dahsyat bgt yah bt kalian semua.duh jd g enak nehh sampe di bikinin artikel segala he..he..

  2. Ria alamat situs gw ganti tau bukan di
    http://inank88.site40.net/ lagi tp pindah ke
    http://inank88.com/

    tolong di perbaiki yah link nya ria?

  3. junet/bokir/agha Says:

    bahasa lo berad bangget…jadi nguing2 nih…
    wkakakakakak

  4. iya nih lagi berad… ga tau past posting kesambet paan?? kesambet anak sastra kali ya?? tp kaya’y lo mank alwayz nguing2 deh ga…. di kasih paan ja jg lo bakal nguing2.. ;;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: